2012/01/02

All Tokyo Shitetsu Reunion その1

          Pada liburan akhir tahun ini akhirnya saya mendapat kesempatan untuk berkunjung melihat Seri 6000 dan 203 di Dipo Depok bersama kawan saya dari Jepang.Pada awalnya saya sedikit khawatir tidak akan diizinkan karena di akhir tahun semua orang sangat sibuk.Tapi untunglah pihak Balai Yasa mengizinkan kami berkunjung.

          Seperti yang terlihat di samping,yang pertama kali saya temui adalah KRL Ex-Tokyu 8000 - 8007F dan Ex-Toei 6000 - 6271F.Kedua rangkaian ini pada hari itu sedang stabling dan sorenya dioperasikan kembali untuk membantu pada saat rush hour.

          Yang cukup menarik,teman saya tidak sengaja menemukan papan tujuan pada saat layanan ekspres masih beroperasi.Kondisinya masih cukup baik walaupun sudah agak kusam karena usia.Saya pun berminat untuk membawanya pulang,tapi saya pikir lebih dijaga di sini saja agar generasi selanjutnya bisa melihat bukti sejarah kejayaan ekspres.Semoga saja papan itu tidak dibuang oleh mereka yang "tak berperasaan"...
Tanah Abang Ekspres
          Bergeser ke arah bangunan utama,bertemulah dengan 05-104F dan 6106F milik Tokyo Metro.Tapi saya lebih tertarik dengan 6106F yang sedang menjalani ujicoba statis.Inilah kesempatan emas yang tak boleh terlewatkan.



          Yap,berjalan dari ujung ke ujung tak memerlukan waktu yang lama.Saya telah mencapai sisi yang lain dari 6106F.Ternyata keusilan tangan ini tak tertahankan,saya dan teman saya mencoba untuk mengoperasikan display tujuan LED.Saya rasa ini tak berbahaya karena tak berpengaruh pada keselamatan dan keamanan rangkaian.Anggap saja ini sebagai "perpisahan" kecil.Suatu saat display ini akan digantikan oleh versi Indonesia entah kapan hari itu akan tiba...

25K Local for Yoyogi-Uehara
          Tak disangka,di hari itu sedang dilakukan sertifikasi pada rangkaian 05-104F.Tapi kami tidak diperbolehkan mendekat karena ada pihak dari Kementerian Perhubungan.Hal yang menarik,semua display rolling dicopot untuk diubah menjadi versi Indonesia.Semoga bisa dipergunakan secara maksimal.


Proses Sertifikasi 05-104F
         Postingan ini masih berlanjut di post berikutnya.Malam sudah larut,saatnya beristirahat untuk menyongsong pagi lebih baik.Semoga postingan ini bermanfaat dan sampai jumpa.

Bersambung

SELAMAT TAHUN BARU 2012

明けましておめでとうございます





         


No comments:

Post a Comment